Psikologi Pembentukan Karakter dalam Pandangan Imam Shafi'i: Telaah Kitab Al-Umm tentang Metode Pendidikan dalam Mencapai Akhlak Mulia
Keywords:
psikologi pembentukan karakter, imam shafi'i, pendidikan moral, akhlak mulia, al-ummAbstract
Penelitian ini membahas pandangan Imam Shafi'i tentang pembentukan karakter dalam perspektif psikologi, yang tertuang dalam kitab Al-Umm. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menggali metode pendidikan yang diterapkan oleh Imam Shafi'i dalam mencapai akhlak mulia. Melalui telaah terhadap kitab Al-Umm, dapat dipahami bahwa Imam Shafi'i menekankan pentingnya pendidikan moral melalui pelatihan jiwa, pengajaran nilai-nilai agama, dan pembiasaan diri dalam berperilaku baik. Metode ini mencakup penguatan aspek kognitif dan afektif peserta didik, yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang berbudi pekerti luhur. Imam Shafi'i mengajukan bahwa proses pembentukan karakter tidak hanya melibatkan pengajaran teori, tetapi juga praktek nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan terhadap kebiasaan baik dan penghindaran kebiasaan buruk menjadi inti dari pendidikan yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai peran pendidikan dalam membentuk karakter yang mulia, serta kontribusi pemikiran Imam Shafi'i terhadap psikologi pendidikan. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan metode pendidikan karakter dalam konteks kontemporer.
Downloads
References
Amir, M. (2019). Pendidikan Moral dalam Perspektif Islam. Jakarta: Pustaka Al-Azhar.
Baumeister, R. F. (2002). Ego depletion and self-regulation failure: A resource model of self-control. Self and Identity, 1(2), 129–136.
Erikson, E. H. (1963). Childhood and society. W.W. Norton & Company.
Fajar, M. (2020). Psikologi Sosial: Teori dan Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.
Hadi, S. (2015). Konsep Pembentukan Karakter dalam Islam: Telaah atas Kitab Al-Umm Imam Shafi'i. Bandung: Alfabeta.
Hidayah, R. (2020). Pembelajaran Akhlak dalam Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Surabaya: Pustaka Sufi.
Ismail, T. (2018). Pendidikan Karakter dalam Keluarga Menurut Islam. Jakarta: Pustaka Keluarga.
Kohlberg, L. (1981). The philosophy of moral development: Moral stages and the idea of justice. Harper & Row.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Nurzaman, M. (2017). Pendidikan karakter: Teori dan aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Shafi'i, I. (n.d.). Al-Umm.
Pratiwi, N. (2021). Latihan Jiwa dalam Pendidikan Moral: Perspektif Islam dan Psikologi. Malang: UMM Press.
Rahman, M. (2018). Teori dan Praktik Pembiasaan dalam Pendidikan Moral. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Siti, F. (2020). Pendidikan Agama dan Pembentukan Karakter dalam Islam. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Wahyudi, W., & Suryani, E. (2019). Pendidikan karakter dalam konteks sosial dan budaya Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 121-134.
Yusuf, M., & Widodo, S. (2016). Model pembelajaran berbasis karakter dalam pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 48-61.
Yusuf, N. (2019). Psikologi Sosial: Pengaruh Akhlak Terhadap Kehidupan Sosial. Yogyakarta: Andi Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Malik, Maryam, Muhammad Dzikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.