Studi Tentang Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Mataram

Authors

  • Haerul Lani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Baiq Lina Universitas Islam Negeri Mataram
  • Jumenah Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

gaya kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru, madrasah ibtidaiyah, kota mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Mataram. Gaya kepemimpinan kepala sekolah diharapkan dapat mempengaruhi motivasi, disiplin, dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan staf administrasi di beberapa Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah, baik itu gaya kepemimpinan transformasional maupun transaksi, memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Gaya kepemimpinan transformasional yang mengedepankan motivasi dan pemberdayaan guru mampu meningkatkan kualitas pengajaran dan semangat kerja guru. Sebaliknya, gaya kepemimpinan transaksi yang lebih menekankan pada pengawasan dan pengaturan administrasi sekolah turut berperan dalam memperbaiki kinerja guru, meskipun dengan dampak yang lebih terbatas pada aspek administrasi dan disiplin. Penelitian ini menyarankan agar kepala sekolah lebih mengutamakan gaya kepemimpinan yang bersifat kolaboratif dan mendorong inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kinerja guru secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bass, B. M. (1990). Bass & Stogdill's handbook of leadership: Theory, research, and managerial applications (3rd ed.). Free Press.

Burns, J. M. (1978). Leadership. Harper & Row.

Hidayat, R. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah negeri di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(2), 80-92.

Nurhayati, D. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru: Studi pada madrasah di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(2), 115-127.

Prasetyo, A. (2019). Pengaruh komunikasi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1), 51-59.

Prasetyo, H. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 50-63.

Rachmawati, I. (2020). Kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(3), 47-56.

Saragih, M. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 70-81.

Setiawan, H. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan, 7(1), 63-74.

Supriyadi, R. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 11(2), 78-90.

Suryana, A. (2014). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 112-125.

Suryani, L. (2019). Gaya kepemimpinan transaksi dan pengaruhnya terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 102-111.

Widiastuti, D. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(3), 28-36.

Yusuf, M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru di sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 112-120.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Lani, H., Lina, B., & Jumenah, J. (2025). Studi Tentang Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Mataram. Journal of Islamic Research and Studies, 1(1), 12–16. Retrieved from https://ejournal.kalibra.or.id/index.php/jirs/article/view/14