Penerapan Nilai Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Piket Harian di Kelas V SDN 2 BAKAN
Keywords:
tanggung jawab, pendidikan karakter, piket harian, siswa sekolah dasar nilai-nilaiAbstract
Pendidikan karakter merupakan fondasi penting dalam pembentukan pribadi siswa yang utuh, salah satunya adalah penanaman nilai tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai tanggung jawab melalui kegiatan piket harian di Kelas V SDN 2 Bakan serta menganalisis dampaknya terhadap perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SDN 2 Bakan, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan piket harian menjadi media efektif dan praktis dalam menanamkan nilai tanggung jawab. Penerapan kegiatan ini melalui pembagian tugas yang jelas, jadwal yang konsisten, dan bimbingan guru secara berkelanjutan terbukti mampu meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap kebersihan dan ketertiban kelas. Awalnya, siswa cenderung abai, namun seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan perilaku signifikan di mana mereka mulai melaksanakan tugas piket tanpa disuruh, saling mengingatkan, dan bekerja sama dengan lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan piket harian merupakan strategi yang efektif untuk melatih dan membiasakan siswa bertanggung jawab dalam lingkungan terdekat mereka, yang menjadi dasar penting untuk penerapan tanggung jawab dalam skala yang lebih luas.
References
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Dalimunthe, R. A. A. (2015). Strategi dan implementasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 102-111.
Duck, L. (1993). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Childhood Education, 69(4), 250-252.
Hartati, S. (2017). Pengembangan Model Asesmen Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak Di DKI Jakarta. JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 19-30.
Hasanah, A., Arifin, B. S., Mahyani, A., & Saepurahman, A. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 725-736.
Hasanah, U. (2016). Model-model pendidikan karakter di sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 18-34.
Kosim, M. (2011). Urgensi pendidikan karakter. KARSA Journal of Social and Islamic Culture, 84-92.
Kohlberg, L. (1981). The philosophy of moral development: Moral stages and the idea of justice. New York: Harper & Row.
Megawangi, R. (2010). Pengembangan program pendidikan karakter di sekolah: pengalaman sekolah karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation (IHF).
Mengawangi, R. (2009). Pendidikan karakter solusi tepat untuk membangun bangsa.
Saniah, S., Fahrudin, F., & Nugraha, R. H. (2024). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Penggerak Kota Bandung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 32-41.
Selman, R. L. (1971). The relation of role taking to the development of moral judgment in children. Child Development, 79-91.
Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 53-63.
Wahyuni, Ana Dwi, Benedictus Sudiyana, & Atri Waldi. (2023). Pendidikan karakter: Strategi menghadapi globalisasi. Penerbit Tahta Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erna Roin Solviana, Erna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.