Studi Kualitatif terhadap Pola Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Sikap Belajar Anak di Desa Penimbung
Keywords:
komunikasi keluarga, sikap belajar, studi kualitatif, pendidikan anak, desa penimbungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pola komunikasi keluarga dalam membentuk sikap belajar anak di Desa Penimbung, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap beberapa keluarga yang memiliki anak usia sekolah dasar dan menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang bersifat terbuka, suportif, dan konsisten cenderung membentuk sikap belajar anak yang positif, seperti rasa tanggung jawab, kedisiplinan, dan motivasi tinggi dalam belajar. Sebaliknya, komunikasi yang bersifat otoriter atau minim interaksi cenderung melahirkan sikap belajar yang pasif dan kurang antusias. Faktor-faktor yang memengaruhi pola komunikasi ini antara lain latar belakang pendidikan orang tua, tingkat ekonomi keluarga, dan nilai-nilai budaya lokal. Temuan ini menekankan pentingnya peran komunikasi keluarga sebagai landasan utama dalam pendidikan anak di lingkungan pedesaan. Rekomendasi dari penelitian ini ditujukan kepada orang tua, pendidik, dan pemangku kebijakan untuk lebih memperhatikan aspek komunikasi interpersonal dalam mendukung keberhasilan pendidikan anak.
Downloads
References
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press.
Chen, J., & Ho, S. H. (2012). The relation between perceived parental involvement and academic achievement: The mediating role of student engagement. Educational Psychology, 32(1), 1–18.
Darmawan, A., & Septiani, I. (2021). Literasi komunikasi keluarga dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar anak di era digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(2), 123–134.
Gunawan, R. (2020). Pola komunikasi orang tua dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(1), 45–56.
Koerner, A. F., & Fitzpatrick, M. A. (2002). Toward a theory of family communication. Communication Theory, 12(1), 70–91.
Mustika, D. P., & Arumsari, A. P. (2021). Hubungan pola komunikasi keluarga dan karakter anak di tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 87–96.
Nuraeni, S., & Wahyuni, A. (2022). Budaya lokal dan pola pengasuhan anak di masyarakat Sasak. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 10(2), 102–116.
Suherman, B. (2019). Pola asuh otoriter dan pengaruhnya terhadap sikap belajar anak. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 8(1), 66–75.
Widodo, H. (2020). Kondisi sosial ekonomi keluarga dan komunikasi interpersonal dalam mendukung pendidikan anak. Jurnal Komunikasi dan Masyarakat, 4(3), 205–218.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karina Amilia, Afif Rifwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.