Media Sosial Membentuk Dan Memengaruhi Identitas Sosial Generasi Z Di Kecamatan Bandung Kidul
Keywords:
generasi Z, identitas sosial, media sosial, self-presentation, bandung kidulAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana media sosial membentuk dan memengaruhi identitas sosial Generasi Z, khususnya di Kecamatan Bandung Kidul. Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, merupakan generasi yang tumbuh dalam ekosistem digital dan menjadikan media sosial sebagai bagian penting dalam kehidupan sosial mereka. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan remaja pengguna aktif platform seperti Instagram dan TikTok. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan sebagai ruang representasi diri, tempat mereka menampilkan identitas yang dikonstruksi secara sadar sesuai dengan norma kelompok sosial tertentu. Dalam proses ini, interaksi dengan teman sebaya, influencer, dan komunitas digital sangat memengaruhi cara mereka memandang diri sendiri dan orang lain. Identitas sosial yang terbentuk bersifat dinamis, dan sering kali berbeda antara dunia maya dan kehidupan nyata. Fenomena ini memperkuat gagasan bahwa media sosial tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai medan simbolik di mana remaja merancang dan menegosiasikan identitas sosial mereka secara terus-menerus. Studi ini menekankan pentingnya literasi digital dan kesadaran kritis terhadap pengaruh sosial media dalam pembentukan jati diri.
Downloads
References
Altheide, D. L., & Schneider, C. J. (2013). Qualitative media analysis (2nd ed.). Sage Publications.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Castells, M. (2011). The rise of the network society (2nd ed.). Wiley-Blackwell.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and crisis. Norton & Company.
Fajriyah, S. (2020). Aktivisme digital remaja: Pembentukan identitas sosial melalui media sosial. Jurnal Komunikasi Digital, 10(1), 45-56.
Khairunnisa, M., & Utami, S. (2019). Tekanan sosial di media sosial: Dampaknya terhadap kepercayaan diri remaja. Jurnal Psikologi Sosial, 8(2), 123-134.
Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Social networking sites and addiction: Ten lessons learned. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3), 311.
Kvale, S. (1996). Interviews: An introduction to qualitative research interviewing. Sage Publications.
Marwick, A. E. (2019). The dramatic rise of social media influencers: A new form of branding in the digital age. Social Media + Society, 5(3), 1-7.
Mokhtari, M., & Houghton, S. (2021). The role of social media in the construction of self-image among adolescents. Social Media and Society, 7(2), 1-12.
Nasrullah, R. (2020). Media sosial dan realitas identitas: Perspektif teori konstruksi sosial dalam dunia digital. Jurnal Komunikasi Sosial, 9(3), 201-214.
Nasrullah, R. (2020). Media sosial sebagai konstruksi identitas dalam realitas yang dibayangkan. Jurnal Komunikasi, 9(1), 88-101.
Parker, K., Igielnik, R., & Shearer, E. (2018). The 10 most important facts about Generation Z. Pew Research Center.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative research & evaluation methods (3rd ed.). Sage Publications.
Putri, A. (2021). Identitas sosial hybrid dalam media sosial: Menyeimbangkan nilai lokal dan global. Jurnal Sosial Budaya, 12(4), 89-101.
Rosyada, S. (2020). Media sosial dan pengembangan kepribadian remaja: Studi kasus dalam konteks digitalisasi. Jurnal Pendidikan Remaja, 7(1), 112-125.
Sari, D. M., & Widodo, W. (2021). Pengaruh media sosial terhadap pembentukan identitas diri remaja: Sebuah studi fenomenologi. Jurnal Komunikasi Muda, 5(1), 101-112.
Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative phenomenological analysis: Theory, method, and research. Sage Publications.
Tajfel, H., & Turner, J. C. (1986). The social identity theory of intergroup behavior. In S. Worchel & W. G. Austin (Eds.), Psychology of intergroup relations (pp. 7-24). Nelson-Hall.
Tifferet, S., & Viner, M. (2020). Exploring self-presentation in social media: How teenagers use Instagram for self-presentation. Journal of Media Studies, 15(1), 45-60.
Turkle, S. (2011). Alone together: Why we expect more from technology and less from each other. Basic Books.
Utami, R., & Saputra, F. (2022). Literasi digital untuk generasi muda: Membangun kesadaran kritis dalam penggunaan media sosial. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(2), 75-85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Sahraz, Alfu Lily, Andrian Syah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.